Siapa Tokoh yang Anda Anggap Paling Mampu Perbaiki Kualitas Pelayanan Publik Jika Memimpin Asahan? lihat disini!!
Sekali klik Dapet Duit? Saya Sudah Buktikan Disini!!! DAFTAR GRATIS!!

Jumat, 27 November 2009

Facebook Lahir dari Budaya Perlawanan..

[ Seputar Asahan:27/11/09] Tahukah Anda bahwa situs jejaring sosial facebook.com ternyata lahir dari sebuah budaya perlwanan. Seorang Mahasiswa Smester II dari Harvard University bernama Mark Zuckerberg awalnya membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto. Terakhir ia nekad membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Karena kenekad-annya tersebut, situs kontak jodoh yang ia beri nama Facemash.com itupun diblokir oleh Universitas dan diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus. Surutkah langkah Zuckerberg? Ternyata ia tidak surut melangkah!!

Zuckerberg tidak berhenti. Pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat http://www.thefacebook.com/. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.

Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League.

Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker.Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya darisalah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel. Setelah itu berturut-turut perusaan IT besar dan kesohor melakukan investasi jutaan dollar. Sehingga kini facebook sudah merambah hampir setiap jengkal perkotaan diberbagai belahan dunia sehingga rasanya hampir tidak ada yang tidak tahu facebook.

Facebook adalah simbol dari budaya perlawanan anak muda yang sedang mencari jati diri untuk sebuah idealisme. Hal ini dapat kita rasakan dari sejarah asal mula facebook di kreasikan oleh seorang Zuckerberg. Di Indonesia, budaya perlawanan tersebut kembali menunjukkan manifestasinya ketika para facebooker ramai-ramai melakukan advokasi untuk membebaskan Prita Mulyasari maupun Bibit dan Chandra. Advokasi tersebut sebagai simbol dari bentuk perlawanan terhadap kekuasaan yang zalim.

Inilah nilai positif yang dapat kita petik dari sebuah budaya perlawanan melalui facebook. Kita perlu belajar banyak dari Zuckerberg. Kita tidak boleh diam jika menyaksikan kemungkaran di depan mata. Bangun dan lakukan perlawanan untuk menghentikan kemungkaran. Jika memiliki tenaga dan kekuasaan, lawanlah dengan tenaga dan kekuasaan. Jika tidak memiliki tenaga dan kekuasaan, lawanlah dengan perkataan. Jika tidak mampu berkata-kata, lawanlah dengan hati dan doa. Inilah sejatinya Budaya Perlawanan yang harus kita bangun bersama, untuk Asahan lebih maju pada masa akan datang, kita harus melawan kemungkaran yang ada di Asahan!!. [Tim Seputar Asahan, disarikan dari berbagai sumber, a.l http://haxims.blogspot.com/2009/11/sejarah-facebook.html]

9 komentar:

  1. sesuai janji saya mas Tarsan, linknya sudah saya pasang dan insya Allah follow'pun muncul mas, jangan lupa follow balek yah, terima kasih atas jalinannya sahabatku.. semoga sehat dan mudah rezeki bersama keluarganya dirumah..

    BalasHapus
  2. maaf ya sahabatku, follow saya lagi error, insya Allah besok saya follow ya!?, skarang saya mau istirahat dulu sehubungan dengan sholat isya sebentar lagi.. !

    BalasHapus
  3. Sepakat banget.....Artinya facebooker harus lebih aktif untuk melakukan advokasi ketika sahabat kita di dunia maya mendapat tindakan yg tdk wajar....

    BalasHapus
  4. hidup facebooker...n jg blogger donk!!!

    BalasHapus
  5. seuai janji kemaren mas, follownya.. sudah saya follow.. !

    BalasHapus
  6. kunjungan siang rekanku, mohon di coment balek ya!

    BalasHapus
  7. jgn terlalu mendewakan fb donk, yahudi banget tuh..
    cek donk ke wikipedia, nama situs itu trnyata berasal dari kebiasaan yg sangat lama Phillips Exeter Academy yg selalu menerbitkan direktori tahunan siswa yg biasa disebut "Facebook".
    ada lagi..
    Zuckerberg dpt tuntutan dari Cameron Winklevoss & Tyler Winklevoss karena fb dianggap mencuri ide situs ConnectU mereka, Zuckerberg pernah bekerja membangun situs milik Winklevoss bersaudara itu dan source code fb berawal dari project itu;
    dan akhirnya fb kasi kompensasi 65 juta US.
    Mark Zuckerberg juga anggota Alpha Epsilon Pi (AEPi) cek aja di wiki makhluk apaan tu,
    nah..

    BalasHapus
  8. kunnjungan rutin. numpang baca nih!, sangat menarik postnya..

    BalasHapus
  9. numpang baca, ada kemajuan anak asahan..... menarik juga

    BalasHapus

Lihat Page Rank Blog Anda :
dipersembahkan oleh Page Rank Checker